• Jumat, 1 Juli 2022

Buntut Heboh Istri Dituntut Penjara Gegara Omeli Suami Mabuk, Aspidum Kejati Jabar Dicopot

- Selasa, 16 November 2021 | 08:04 WIB
Kejagung copot Aspidum Kejati Jabar menyusul ditemukannya pelanggaran pada tuntutan pidana satu tahun terhadap Valencya (Twitter/ @unmagnetism)
Kejagung copot Aspidum Kejati Jabar menyusul ditemukannya pelanggaran pada tuntutan pidana satu tahun terhadap Valencya (Twitter/ @unmagnetism)

BASIS13, Bandung - Heboh jaksa menuntut satu tahun penjara kasus istri omeli suami yang mabuk, berbuntut panjang.

Merespons kecaman warganet, Kejaksaan Agung (Kejagung) ternyata menemukan pelanggaran dalam penanganan kasusnya. Akibat temuan itu, Aspidum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dinonaktifkan.

“Khusus terhadap Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jabar, untuk sementara ditarik ke Kejagung guna memudahkan pemeriksaan fungsional oleh Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam Konferensi pers virtual, Senin (15/11/2021).

Kejagung menyatakan, mengambil alih perkara dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) psikis yang dilakukan seorang perempuan bernama Valencya (40) terhadap mantan suaminya Chan Yu Ching di Karawang, Jawa Barat.

Bahkan deretan jaksa yang menangani perkara dilakukan eksaminasi khusus. Hasilnya ditemukan para jaksa ini melanggar pedoman dan arahan pimpinan.

“Temuan hasil eksaminasi khusus itu adalah proses pra-penuntutan sampai penuntutan yang dilakukan baik dari Kejari Karawang dan Kejati Jabar tidak memiliki sense of crisis atau kepekaan,” jelasnya.

Selain itu, Leonard menjelaskan proses penuntutan dinilai melanggar sejumlah arahan pimpinan Kejaksaan Agung RI. Di antaranya, pedoman Nomor 3/2019 tentang Tuntutan Pidana Perkara Pidana Umum, Pedoman Nomor 1/2021 tentang Akses Keadilan bagi Perempuan dan Anak dalam Perkara Pidana, hingga Tujuh Perintah Harian Jaksa Agung yang menjadi kaidah pelaksanaan tugas penanganan perkara.

Baca Juga: WADUH! Nikmati Duit Tipu-tipu CPNS, Farhat Abbas Sebut Suami Olivia Nathania Harus Dipenjara

“Hal ini dapat diartikan tidak melaksanakan perintah pimpinan,” tegas Leonard.

Halaman:

Editor: Andry Boom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bripka AKM Dijebloskan Ke Dalam Sel Tahanan

Jumat, 31 Desember 2021 | 23:08 WIB

Di Persidangan, Isteri HW Jadi Saksi

Kamis, 30 Desember 2021 | 22:52 WIB

Herry Wirawan Guru Ponpes Perkosa 12 Santriwati

Jumat, 10 Desember 2021 | 05:09 WIB
X