• Jumat, 1 Juli 2022

Wajib Baca! Ini Manfaat Bunga Kecombrang Untuk Kesehatan

- Jumat, 17 September 2021 | 12:21 WIB
Bunga Kecombrang (Hello Sehat)
Bunga Kecombrang (Hello Sehat)

BASIS13- Mayoritas masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kecombrang atau bunga kecombrang. Tanaman yang tergolong sebagai rempah dan penyedap makanan ini memang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Kuliner asli dalam negeri pun tak sedikit yang menggunakannya sebagai penambah rasa maupun pelengkap makanan.

Hal ini disebabkan karena bunga kecombrang memiliki rasa yang unik, yakni memadukan rasa asam khas lemon dan pedas hangat seperti jahe. Perpaduan kedua rasa tersebut memberikan cita rasa tersendiri saat menyantap makanan, khususnya pada kuliner yang dilengkapi dengan sambal, tumisan, ataupun yang berkuah.

Tahukah bahwa fungsi dari bunga kecombrang tidak semata-mata untuk menjadikan masakan lebih lezat? Banyak orang percaya bahwa bunga kecombrang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Bahkan, karena khasiat yang dimilikinya, tanaman ini termasuk sebagai makanan yang menyehatkan.

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tentu berasal dari kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa nutrisi yang dimiliki meliputi air, karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium, lemak, seng, protein, hingga zat besi.

Jadi, apa saja khasiat untuk kesehatan dari tanaman dengan tinggi mencapai 5 meter dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini? Untuk lebih jelasnya, mari simak uraiannya berikut ini.

Mengandung Senyawa Alami sebagai Pembersih dan Pelancar Sirkulasi Darah

Sering disepelekan, namun, darah memegang pengaruh yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Ketika kotor atau tidak terjaga alirannya, darah mampu menyebabkan beragam masalah kesehatan yang serius. Pasalnya, cairan tersebut diedarkan ke semua bagian tubuh serta organ penting di dalam tubuh manusia.

Untuk menjaga darah agar tetap bersih, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi tanaman rempah ini. Hal ini disebabkan karena bunga kecombrang memiliki kandungan senyawa alami yang mampu membuat darah menjadi lebih bersih dan terjaga kandungannya.

Dengan mengonsumsinya, darah yang mengalir dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh tidak akan membawa bakteri maupun virus. Risiko mikroorganisme untuk menginfeksi organ dalam dan menyebabkan penyakit berbahaya pun menjadi semakin kecil terjadi.

Halaman:

Editor: Andry Boom

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Makanan Yang Bisa Merawat Ginjal

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:25 WIB

Obyek Wisata Banyu Mili Mulai Dibanjiri Wisatawan

Senin, 22 November 2021 | 11:59 WIB

Kisah Para Ulama Menghormati Kepakaran Satu Sama Lain

Selasa, 16 November 2021 | 11:10 WIB

Hanya Lima Menit dalam Sehari Waktu Rehat untuk Si Ibu

Senin, 15 November 2021 | 13:41 WIB

Memanjakan Mata di Eko Wisata Dayeuh Manggung

Sabtu, 13 November 2021 | 08:03 WIB
X