• Jumat, 1 Juli 2022

Terdakwa Maling Duit Rakyat Bansos KBB Divonis Bebas, Ini Daftar Kekalahan KPK di Pengadilan Tipikor

- Kamis, 11 November 2021 | 15:33 WIB
Gedung KPK Jakarta (ANTARA)
Gedung KPK Jakarta (ANTARA)

BASIS13, Bandung – Vonis bebas dua terdakwa korupsi bantuan sosial masyarakat miskin Kabupaten Bandung Barat (KBB) Andri Wibawa dan M Totoh Gunawan pekan lalu, ternyata bukan kekalahan pertama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di pengadilan tingkat pertama. Tercatat, KPK pernah mengalami nasib serupa pada lima kasus sebelumnya.

Vonis bebas ini sejatinya bukan berarti Komisi Antirasuah itu kehabisan langkah untuk mengusut para terdakwa kasus korupsi. Pasalnya, KPK masih memiliki kesempatan melawan putusan dengan mengajukan upaya hukum.

Berikut perjalanan kasus-kasus tersebut:

1. Mantan Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad

Mantan Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad mendapatkan vonis bebas dari Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa, 11 Oktober 2011. Majelis Hakim yang dipimpin Azharyadi Pria Kusuma menilai Mochtar tak bersalah.

Mochtar diduga terlibat dalam tiga kasus. Dia tersangkut kasus penyuapan agar Kota Bekasi mendapatkan penghargaan adipura pada 2010, penyuapan dalam pengesahan APBD, dan dugaan penyalahgunaan dana APBD Kota Bekasi 2009 untuk keperluan pribadi.

KPK, yang saat itu dipimpin Busyro Muqoddas, menuntut Mochtar dijatuhi hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp300 juta. Namun, tuntutan itu tak diindahkan Pengadilan Tipikor Bandung yang memberikan vonis bebas.

Putusan kontroversial itu membuat Mahkamah Agung (MA) memanggil hakim yang memutuskan perkara Mochtar. Di sisi lain, KPK memutuskan melawan vonis Pengadilan Tipikor Bandung dengan mengajukan kasasi.

Di tingkat kasasi, MA memutuskan membatalkan vonis Pengadilan Tipikor Bandung. Putusan itu dijatuhkan Ketua Majelis Hakim Djoko Sarwoko serta anggotanya Krisna Harahap dan Leo Hutagalung.

Halaman:

Editor: Andry Boom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolda Irjenpol Suntana Jabar Pimpin Sertijab

Rabu, 5 Januari 2022 | 19:59 WIB

Sidang Kasus HW, JPU Hadirkan Lagi Empat Saksi

Kamis, 23 Desember 2021 | 20:21 WIB

Ibrah Dari Meletusnya Semeru, Jangan Membenci Habaib

Kamis, 9 Desember 2021 | 14:23 WIB

Presiden Jokowi Apresiasi Kapolri Membuat Lomba Mural

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:59 WIB
X