• Jumat, 1 Juli 2022

Cegah Bertambahnya Korban Jiwa, PVMBG Imbau Warga Jauhi Aliran Sungai Besuk Kobokan

- Kamis, 9 Desember 2021 | 21:22 WIB
Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto, mengimbau masyarakat menghindari aliran Sungai Besuk Kobokan.
Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto, mengimbau masyarakat menghindari aliran Sungai Besuk Kobokan.

BASIS13, Lumajang -- Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto, mengimbau masyarakat menghindari aliran Sungai Besuk Kobokan.

"Potensi awan panas dan lahar dingin masih tinggi, warga dimohon untuk menghindari alur sungai Besuk Kobokan," ujar Kristianto, dilansir dari InfoPublik.id, Rabu (08/12/2021).

Imbauan tersebut disampaikan pihaknya untuk menghindarkan jatuhnya korban jiwa yang lebih besar akibat erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Terutama kalau terjadi hujan lebat dari hulu. Ini mohon diwaspadai, karena informasi dari BMKG masih tinggi curah hujan di wilayah ini," terangya.

Terpisah, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Irwan Subekti yang juga sekaligus sebagai Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru menyatakan, korban yang masih dinyatakan hilang hingga saat ini berjumlah 22 orang.

Erupsi Gunung Semeru tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan. Selain itu ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat-tempat penampungan setelah tempat tinggal mereka rusak akibat diterjang material vulkanik.

"Upaya pencarian difokuskan di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh dan wilayah Desa Curah Kobokan," terang Irwan.

Dalam operasi pencarian, kata Irwan lebih lanjut, tim gabungan sangat memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan di lapangan.

Sebelumnya, 4 orang warga dilaporkan terjebak di aliran Sungai Besuk Kobokan. Pencarian terhadap 4 warga tersebut sempat dihentikan oleh tim SAR gabungan, Senin (06/12/2021) karena cuaca buruk dan debu vulkanik tebal yang terbawa angin menuju permukiman warga.**

Halaman:

Editor: Bambang Ganefa

Tags

Terkini

Kapolda Irjenpol Suntana Jabar Pimpin Sertijab

Rabu, 5 Januari 2022 | 19:59 WIB

Sidang Kasus HW, JPU Hadirkan Lagi Empat Saksi

Kamis, 23 Desember 2021 | 20:21 WIB

Ibrah Dari Meletusnya Semeru, Jangan Membenci Habaib

Kamis, 9 Desember 2021 | 14:23 WIB

Presiden Jokowi Apresiasi Kapolri Membuat Lomba Mural

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:59 WIB
X