• Jumat, 1 Juli 2022

Canggih, Persinyalan Kereta Cikarang-Cikampek Kini Gunakan Standar Keamanan Tertinggi!

- Selasa, 21 Desember 2021 | 07:52 WIB

Basis13.com-BANDUNG - Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta Banten, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan baru saja selesai meng- _upgrade_ sistem persinyalan dan telekomunikasi Lintas Stasiun Cikarang - Stasiun Cikampek.

 

Menurut Emma Sri Sakti
GM Institutional Relations & Corporate Communication
PT Len Industri (Persero) DJKA mempercayakan pembangunan ini kepada PT Len Industri (Persero) dan anak usahanya, PT Len Railway Systems (LRS) sejak Desember 2020.

Pembangunan fasilitas operasi (fasop) perkeretaapian di Lintas Stasiun Cikarang - Stasiun Cikampek berupa penerapan sistem persinyalan terbaru SiLSafe 4000 buatan Len beserta perangkat telekomunikasinya. Sebelumnya, lintasan tersebut menggunakan sistem interlocking persinyalan merek luar negeri Solid State Interlocking (SSI).

Total sebanyak 8 stasiun yang mengalami penggantian sistem, yaitu Stasiun Cikarang, Lemahabang, Kedunggede, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, hingga Cikampek.

Dengan adanya pembangunan proyek ini, beberapa manfaat dan keunggulan akan dapat dirasakan oleh DJKA sebagai regulator dan PT KAI sebagai operator.

Direktur Utama PT Len Industri, Bobby Rasyidin mengatakan, "Sistem yang lama sudah berumur dan saat ini sulit untuk mendapatkan suku cadang apabila terjadi kerusakan karena telah _discontinue._ Beberapa kali interlocking yang lama mengalami gangguan sehingga mengakibatkan gangguan perjalanan kereta api (KA) menjadi terlambat dan menimbulkan antrian KA yang panjang."

Halaman:

Editor: Dudy Supriyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolda Irjenpol Suntana Jabar Pimpin Sertijab

Rabu, 5 Januari 2022 | 19:59 WIB

Sidang Kasus HW, JPU Hadirkan Lagi Empat Saksi

Kamis, 23 Desember 2021 | 20:21 WIB

Ibrah Dari Meletusnya Semeru, Jangan Membenci Habaib

Kamis, 9 Desember 2021 | 14:23 WIB

Presiden Jokowi Apresiasi Kapolri Membuat Lomba Mural

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:59 WIB
X