• Selasa, 17 Mei 2022

Saatnya Perempuan Ambil Peran di Ranah Politik

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:12 WIB
Ketua PD Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jawa Barat, Ir. Prasetyawati, MM.,
Ketua PD Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jawa Barat, Ir. Prasetyawati, MM.,

BASIS13, Bandung -- Dinamika politik yang berkembang saat ini, harus menjadi perhatian seluruh elemen bangsa. Tidak terkecuali bagi kaum perempuan.

Apalagi pemerintah kini terus menggaungkan kesetaraan gender, dimana perempuan dituntut untuk banyak berkiprag di segala bidang termasuk politik.

Untuk itu menurut Ketua PD Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jawa Barat, Ir. Prasetyawati, MM.,   sudah selayaknya perempuan mengambil banyak peran dalam ranah politik.

“Perempuan merupakan salah satu kekuatan penting dalam kancah politik sebuah negara. Besarnya suara perempuan sangat signifikan, sehingga perempuan harus mengambil posisi dalam perpolitikan bangsa ini,” ujar Prasetyawati, Sabtu (9/10/2021).

Komunikasi politik salah satu fungsi dari partai politik dalam menyalurkan pendapat dan beragam aspirasi berbagai komponen masyarakat, sangat tergantung kepada komunikatornya itu sendiri.

Dan perempuan menurut Prasetyawati, yang juga merupakan Anggota DPRD Jawa Barat, memiliki potensi dan peran penting dalam kancah politik, termasuk dalam hal komunikasi politik.

“Namun demikian, perlu diadakanya pelatihan komunikasi politik bagi perempuan, agar perempuan dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi, khususnya komunikasi politik,” jelasnya.

Ditegaskan Prasetyawati, Pelatihan komunikasi politik bagi perempuan ini sangatlah penting untuk menopang pergerakan partai politik. Selain memiliki kemampuan teori, juga penting dimiliki kemampuan teknis retorika dalam berpendapat, menampung dan menyalurkan aspirasi, sesuai ciri khas dan karakter sebagai perempuan.

“Maka dengan diselenggarakannya pelatihan dalam komunikasi politik bagi kaum perempuan, diharapkan output yang dihasilkan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi pergerakan partai politik,” pungkasnya. (muis)

Halaman:

Editor: Bambang Ganefa

Tags

Terkini

Bupati Sebut PPP Berkontribusi Kawal Sumedang Simpati

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:39 WIB

Agus Widjoyo Tak Pantas Jadi Gubernur Lemhanas

Senin, 11 Oktober 2021 | 12:25 WIB

Prasetyawati Ingatkan Kadernya Melek Politik

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:17 WIB

Saatnya Perempuan Ambil Peran di Ranah Politik

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:12 WIB

Sonny Tulung Terjun Ke Politik, Gabung Partai Emas

Sabtu, 18 September 2021 | 14:54 WIB
X