• Jumat, 1 Juli 2022

Bupati Pamekasan Serahkan Bantuan Alat Usaha untuk Masyarakat Kecamatan Gadis

- Kamis, 9 Desember 2021 | 21:43 WIB
Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyerahkan bantuan alat usaha kepada warga tidak mampu di Balai Desa Lembung Kecamatan Galis, Kamis (9/12/2021).
Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyerahkan bantuan alat usaha kepada warga tidak mampu di Balai Desa Lembung Kecamatan Galis, Kamis (9/12/2021).

BASIS13, Pamekasan -- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyerahkan bantuan alat usaha kepada warga tidak mampu di Balai Desa Lembung Kecamatan Galis, Kamis (9/12/2021).

Bantuan tersebut salah satunya berupa alat pertukangan, alat perbengkelan, alat goreng untuk usaha, dan alat produktif lainnya. Bantuan itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten tahun 2021 guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Penerima bantuan itu berjumlah 120 orang dari beberapa desa di Kecamatan Galis. Diantaranya Desa Lembung, Desa Bulay, Desa Galis dan sejumlah desa lainnya yang diserahkan langsung oleh Baddrut Tamam.

Bupati Pamekasan itu menyampaikan, pihaknya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan cara berwirausaha melalui program wirausaha baru (WUB) agar Pamekasan tidak hanya menjadi objek pasar dari produk luar daerah.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu dapat meningkatkan usaha sesuai dengan alat yang diterimanya. Tentu, dalam berwirausaha membutuhkan ketekunan dan keuletan, serta tidak mudah menyerah.

"Kemudian, ajunan semua yang ingin mempunyai usaha apapun, kami siap melatih, setelah itu diberikan alat, dibantu modal dan pemasarannya. Silahkan daftar kepada kepala desanya masing-masing," ujar bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur dua periode ini melanjutkan, kepala desa dan camat harus aktif turun kepada masyarakat untuk menampung aspirasi masyarakat tentang keinginannya dalam berwirausaha. Karena dengan berbisnis, ekonomi masyarakat akan terangkat dengan sendirinya.

"Tetapi yang perlu diperhatikan, alat yang kami berikan, jangan dijual. Gunakan sebaik mungkin untuk usahanya demi masa depan anak dan keluarga kita. Yang banyak itu, setelah dapat bantuan, keburu dijual," tandasnya.

Pihaknya juga telah menfasilitasi pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan produk WUB dengan berdirinya sembilan Warung Milik Rakyat (Wamira) Mart pada tahun 2021. Toko untuk pemasaran produk lokal itu  akan terus dikembangkan pada tahun 2022 dengan target semua desa di 13 kecamatan berdiri Wamira Mart.

Halaman:

Editor: Bambang Ganefa

Tags

Terkini

Pengendara Motor Dibacok Lengan Kanan Hampir Putus

Minggu, 19 Desember 2021 | 10:44 WIB

Hari Ini Bandung Diperkirakan Hujan Ringan

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:05 WIB

Siang Hari Ini Bandung Diperkirakan Hujan

Rabu, 1 Desember 2021 | 07:58 WIB
X